Sabtu, 14 Maret 2015

Nasi Krawu Makanan Khas Gresik

Nasi Krawu

   Siapa disini yang tidak mengenal Nasi Krawu..? Wah pasti belum pernah nyobain rasanya makanan satu ini.. Nasi Krawu merupakan primadona makanan di Kota Gresik. Makanan ini sudah menyebar dimana-mana khususnya di wilayah Jawa Timur.Berkunjung ke Gresik belum lengkap rasanya bila belum mencicipi nasi krawu. Paduan cita rasa gurih kelapa parut dan olahan aneka bumbu membuat nasi krawu menjadi buruan warga. Nasi krawu yang terdiri dari nasi putih punel dengan lauk daging sapi plus jerohan ini, rasanya begitu khas. Ciri khas nasi krawu ini terletak pada bumbunya yakni parutan kelapa yang diolah dan dicampur dengan kunyit dan cabai merah sehingga menimbulkan cita rasa khas. Yakni perpaduan antara manis, asin, dan gurihnya sangat pas tanpa ada kuah. Sebagai pelengkap, masih ditambah dengan serundeng. “Tergantung dengan selera pembeli, bisa memakai jeroan, bisa juga tidak”.
Rasanya yang gurih dipadu dengan irisan daging yang sedikit pedas membuat orang yang merasakan ingin nambah, nambah, dan nambah.. Nafsu makan terasa begitu tinggi jika sudah menikmati makanan satu ini.. Jadi jangan heran ya kalo Nasi Krawu menjadi primadona di Gresik.. Jangan ngaku orang gresik kalo belum nyoba namanya Nasi Krawu. Bagi yang belum pernah mencobanya ataupun ingin membeli tapi tidak ada yang berjualan, tidak ada salahnya jika kalian berkunjung ke Jawa Timur untuk mampir ke Gresik untuk menikmati makanan yang khas ini.
       Dahulu, Nasi Krawu ini dirasa sangat spesial,dikarenakan krawu,merupakan hidangan khusus yang disajikan bagi para kaum saudagar yang datang berlayar singgah ke Gresik. Seiring perkembangannya,nasi krawu kian diminati masyarakat gresik dan sekitarnya, hal ini dibuktikan dengan merebaknya kios makanan atau depot di wilayah Gresik, Surabaya dan Sidoarjo yang mengindikasikan bahwa masyarakat kian ingin menikmati nasi krawu.
Akan tetapi,perkembangan yang pesat ini semakin melemahkan kredibilitas konsumen sebagai penikmat kuliner. Pasalnya banyak konsumen yang kurang selektif dalam memilih pedagang krawu yang memiliki citarasa sehat dan tanpa pengawet di sajiannya.Kondisi demikian diperburuk oleh adanya sejumlah oknum pedagang nasi krawu yang memang dengan sengaja menambahkan pengawet sintetis seperti borax dalam adonan makannya,sehingga bagi konsumen yang kurang selektif, hal ini justru memperburuk kesehatan mereka.

by : Agung Nugroho / KD-4 / 13206024

 


 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar